Wantedly Journal | 仕事でココロオドルってなんだろう?

Company

Sola Talks, Cara Sola-Interactive Mengembangkan Keahlian Anggota Tim

Mengintip Sola Talks di Sola-Interactive

2016/07/29

Selain tempat bekerja, perusahaan juga mampu menjadi tempat untuk mengembangkan diri dan mempelajari berbagai keahlian baru. Bahkan apa yang dipelajari selama bekerja di sebuah perusahaan biasanya tidak terdapat di sekolah. Sehingga tak heran bila salah satu pertimbangan seseorang dalam mencari pekerjaan adalah seberapa besar peluang untuk mengembangkan diri yang bisa ia dapatkan di perusahaan tersebut.

Dilihat dari sisi perusahaan, hal ini mampu menguntungkan dan meningkatkan produktivitas perusahaan. Maka dari itu banyak perusahaan membentuk berbagai program untuk mengembangkan keahlian setiap anggota. Nah, apakah kamu salah satu orang yang memiliki tujuan untuk mengembangkan diri melalui pekerjaanmu?

____________________________________________________________________

Pada kesempatan kali ini, tim Wantedly mengunjungi Sola-Interactive, sebuah perusahaan teknologi kreatif yang menyediakan layanan mengembangkan strategi teknologi baru, digital media, dan aplikasi. Bersama Dennis Wu, CEO Sola-Interactive dan beberapa anggota tim lain. Kali ini kita akan membahas bagaimana perusahaan ini membantu mengembangkan keahlian setiap anggotanya. 

 Suasana Kantor Sola-Interactive. Robin, Project Manager Sola-Interactive tengah berdiskusi dengan rekan kerjanya.

Sola Talks

Dennis mengawali cerita mengenai kultur budaya di perusahaan. Salah satunya adalah kebiasaan untuk melakukan analisis terhadap sebuah proyek yang telah berhasil diselesaikan. Pada saat itulah mereka melihat sejauh mana mereka bergerak, apa yang telah mereka capai, dan apa yang dipelajari selama mengerjakan proyek tersebut. Untuk itu, komunikasi dan diskusi menjadi media yang penting selama proses analisis dan bertukar pikiran ini berlangsung. Di Sola-Interactive proses tersebut disebut dengan Sola Talks.

“Kita memiliki rutinitas Sola Talks, yang mana para senior melakukan presentasi mengenai berbagai hal. Bahkan terkadang kita mengundang orang-orang dari luar untuk menjadi pembicara. Di sini, kita banyak membicarakan hal-hal mengenai pengembangan dan bagaimana caranya. Seperti bagaimana memimpin tim sebagai seoran project manager dalam,” jelas Dennis.

Tak melulu mengenai teknologi, Sola Talks juga membahas topik lain. Seperti topik yang berjudul “Manner” yang pernah dibawakan oleh Dennis sendiri. 

Robin, salah satu project manager di Sola-Interactive juga beranggapan bahwa Sola Talks sebagai media untuk belajar. Walaupun dia sudah cukup sering menjadi pembicara untuk Sola Talks.

“Dennis adalah sosok yang hebat. Dia memberikan banyak ruang dan kepercayaan kepada setiap anggota. Dan menurut saya ini menjadi sebuah keuntungan, karena ketika kita menyelesaikan tantangan kita. Maka semua manfaatnya akan kembali kepada diri kita sendiri”, ungkap Robin.

Berbicara tentang ruang dan kepercayaan yang dia dapat, Robin juga menceritakan bagaimana Sola-Interactive memiliki kultur kerja yang melibatkan setiap anggota ke setiap proyek baru. 

Selain menghemat waktu, hal ini juga memberikan kesempatan bagi setiap orang untuk belajar. Serta menumbuhkan rasa tanggung jawab para anggota yang akhirnya memacu mereka untuk melakukan yang terbaik.

Suasana Kerja di Kantor Sola-Interactive
Peluang dan Tantangan Mengelola Anak Magang

Selain memiliki Sola Talks, hal menarik lainnya di Sola-Interactive adalah besarnya peluang belajar untuk para pemagang (intern). Robin yang bekerja langsung dengan para pemagang mengatakan bahwa mereka memiliki potensi dan kemauan yang tinggi. Selain itu para pemagang juga akan dilibatkan langsung ke dalam sebuah proyek, sehingga bisa belajar dengan maksimal.

Dennis beranggapan bahwa magang merupakan cara yang baik untuk mempelajari langsung bagaimana dunia kerja yang sebenarnya dan tidak pernah diperoleh di bangku kuliah. Namun, bukan berarti mengelola anak magang merupakan hal yang mudah. Karena tentunya ada tantangan tertentu saat menugaskan anak magang untuk langsung mengerjakan sebuah proyek.

“Jika membandingkan Indonesia dan Amerika, kebanyakan remaja di Amerika sudah membawa bekal pengalaman kerja seperti di restoran cepat saji ataupun toko ritel. Hal ini membuat mereka sudah mengenal bagaimana dunia kerja. Hal inilah yang tidak dimiliki kebanyakan anak magang di Indonesia. Maka dari itu, mereka perlu dikenalkan pada hal-hal dasar terlebih dahulu, kemudian baru dilepas untuk belajar sendiri,” jelas Dennis.

Salah satu anak magang yang tim Wantedly temui hari itu adalah Daniel Widjono. Ia mengungkapkan bahwa alasannya bergabung di Sola-Interactive adalah besarnya peluang untuk berpartisipasi, berkontribusi, dan belajar.

“Tentu saya kesulitan pada awal bergabung, karena aplikasi mobile adalah hal yang sangat sulit dipelajari. Namun, rekan kerja di sini sangat baik dan terbuka untuk berbicara dan membantu saya. Bisa terlibat di proyek yang besar, meski saya mulai dari nol ketika bergabung rekan-rekan senior tetap dengan sabar membantu,” cerita Daniel.

Para Intern di Sola-Interactive
Intern Talks too!

“Kita memiliki tujuan agar setiap anak magang bisa berkembang setelah masuk Sola-Interactive. Khususnya di bagian softskill dan hal-hal yang tidak biasa didapat di kampus. Juga kesempatan untuk menemukan ruang untuk berkembang”, terang Robin, “Magang adalah salah satu kesempatan untuk mengetahui apakah perusahaan atau pekerjaan ini cocok untuk mereka”.

Dengan tujuan untuk mengembangkan para pemagang, salah satu kultur yang coba dibangun Sola-Interactive adalah Intern Talk. Serupa dengan Sola Talks, Intern Talks menjadi ruang bagi anak magang untuk membahas tentang proyek yang telah diselesaikan dan permasalahan apa saja yang sempat dipelajari. Selain menjadi ruang bagi anak magang untuk mengembangkan kemampuan komunikasi, hal ini juga memungkinkan anggota tim lain untuk belajar dari pengalaman tersebut.

Devon salah satu anggota Sola-Interactive menambahkan bahwa melalui Intern Talks ini, ia mengetahui lebih banyak hal tentang manajemen proyek, khususnya yang telah dikerjakan oleh anak magang. 

____________________________________________________________________

The Power of Talks!

Meskipun memiliki kultur kerja “learning by doing” yang melibatkan langsung setiap anggota ke dalam sebuah proyek. Dennis sebagai CEO juga percaya bahwa komunikasi merupakan hal yang sangat penting untuk mengungkapkan segala gagasan. Maka dari itu, Sola-Interaktive menjadikan Sola Talks dan Intern Talks sebagai media untuk belajar bagi semua anggota tim.

Jadi bagi kamu yang ingin mencoba merasakan Sola Talks atau Intern Talks, mungkin Sola-Interactive merupakan tempat yang tepat untuk mengembangkan diri kamu. 

NEXT