Wantedly Journal | 仕事でココロオドルってなんだろう?

Company

Mengintip Serunya Kantor Idaman Generasi Millenial, Blibli.com

Menelusuri Asiknya Kantor Blibli.com

2016/10/25

Terkenal dengan slogan “Big Choices, Big Deals”, Blibli.com merupakan salah satu mall online terbesar di Indonesia. Dengan anggota tim yang terus berkembang, kantor Blibli.com juga ikut bertumbuh.

Didominasi oleh generasi millenial, pastinya suasana kantor Blibli.com sangat menarik. Hal inilah yang menggelitik rasa penasaran Tim Wantedly untuk mengintip seberapa seru sih kantor Blibli.com?

 Lani Rahayu Senior Marcom Manager di Blibli.com

Ditemani oleh Lani Rahayu, Senior Marcom Manager di Blibli.com, hari itu Tim Wantedly tidak hanya diajak melihat betapa asiknya menghabiskan waktu di kantor Blibli.com yang berlokasi di kawasan Slipi, tetapi kami juga diajak mengenal lebih dalam nilai-nilai yang ada di perusahaan ini.

R.E.S.P.E.C.T

Dengan tim yang berjumlah hampr 1000 orang, Blibli.com menanamkan value R.E.S.P.E.C.T pada setiap anggotanya. Apa saja makna di dalam nilai ini?

Salah satu sudut kantor Blibli.com

1. Risk Taking. Dalam dunia startup, menurut Lani nilai risk taking harus mendarah daging dalam setiap anggota. Dalam industri yang sangat dinamis tentu kita perlu bergerak berani menentukan keputusan dengan cepat pula.

“Saat itu Blibli.com pernah mensponsori salah satu acara social media dan berencana untuk mengundang salah satu partner kita, yaitu NBA untuk bisa mengirim representatif. Akhirnya dengan batas waktu hanya dua minggu, saya memutuskan untuk mencetak nama NBA di dalam acara meski pada saat itu idenya baru saja diajukan. Saat itu saya yakin bahwa ide tersebut sangat bagus dan akan diterima. Alhasil acara tersebut berlangsung sukses,” cerita Lani mengenai salah satu pengalaman risk taking yang pernah dialaminya.

Koridor yang penuh warna serta ruang-ruang rapat kecil yang berada di kedua sisi. Ruang rapat ini disebut sebagai risk taking room dimana banyak keputusan penting yang dibuat di ruangan-ruangan ini

2. Excellence. Dengan segala kompetisi yang ada, sudah jelas bila Blibli.com harus memberikan produk dan pelayanan yang excellence. “Dalam industri yang dinamis, bergerak cepat itu sudah pasti. Tapi memberikan hasil dan pelayanan yang excellence tetap hal yang utama,” ungkap Lani.

Foodcourt yang berada di lantai paling atas gedung tidak hanya menjadi tempat bersantap, tapi kerap menjadi arena diskusi serta rapat para anggota Tim Blibli.com

3. Serving, semua anggota tim Blibli.com memiliki jiwa untuk memberikan pelayanan terbaik. Tidak hanya kepada para customer, tetapi ke sesama anggota tim juga diperlukan jiwa saling melayani.

Ruang yang disebut ruang telur ini merupakan meeting room kecil yang bisa digunakan untuk bersantai. Kamu juga bisa berkaraoke, loh di dalamnya!

4. Passionate & Proud. Blibli.com adalah passion bagi setiap anggotanya. Lani percaya bahwa passion adalah sumber energi yang membuat setiap anggota semangat dalam menjalani hari-hari di Blibli.com. “Pak Kusuma selalu bilang jika ini bukanlah Work and Life Balance, tetapi Work and Life Integrated,” cerita Lani.

Memiliki kantor yang cukup luas, diskusi bisa terjadi dimana saja.


5. Employee’s great place to work. Hal ini tentu terlihat jelas dari bagaimana kantor Blibli.com diciptakan. Desain yang nyaman dan menarik bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan budaya kerja generasi milenial yang merupakan mayoritas dari Tim Blibli.com

“Selain dari rancangan, terdapat juga berbagai aktivitas seperti grup tarian saman, grup paduan suara, hingga para pecinta fotografi. Setiap area di kantor ini benar-benar menjadi tempat berkarya tanpa batasan para anggotanya,” jelas Lani. 

Meeting juga bisa dilakukan diatas meja berdesain papan permainan monopoli jika kamu bekerja di Blibli.com

6. Customer Focus. Apapun yang dilakukan dan keputusan yang dibuat tentu harus berfokus pada customer. Hal ini juga merupakan nilai yang penting jika kamu bergabung dengan Blibli.com

Salah satu anggota Tim Blibli.com tengah serius bekerja menyendiri di salah satu sudut kantor Blibli.com

7. Teamwork. Untuk generasi millenial yang selalu ingin tampil menonjol, Lani merasa bahwa membangun kerjasama merupakan tantangan tersendiri. Tapi Lani juga setuju jika kerjasama merupakan hal terpenting untuk memberikan hasil terbaik.

William merupakan intern yang kini sudah setahun bergabung sebagai anggota Blibli.com. Ia juga menceritakan hal yang serupa, “Kerja sama adalah hal yang sangat penting, dan engine untuk membangun hal tersebut adalah rasa kooperatif dan rasa saling menghormati dari setiap anggota”, ujarnya.

Diskusi dan brainstorming bisa dilakukan dimana saja, seperti yang sedang terjadi di ruang pengemasan produk ini.

_____________________________________________________________________

To Be Number 1 E-Commerce in Indonesia with The Most Loyal and Satisfied Customers

Dengan ketujuh nilai tersebut, Blibli.com berkembang dan berjalan cepat menuju visi mereka untuk menjadi e-commerce nomor 1 di Indonesia dengan customer paling setia dan puas dengan pelayanannya.

Tentunya, salah satu caranya adalah menciptakan ruang kerja yang memungkinkan semua anggota mampu berkarya tanpa batasan. Saking serunya, pasti kamu tertarik bergabung dengan Blibli.com, bukan? Tapi pastikan kamu memiliki dan siap menerima nilai R.E.S.P.E.C.T di atas.

NEXT