Wantedly Journal | 仕事でココロオドルってなんだろう?

Recruiters

6 Cara Membina Hubungan Pimpinan dan Staff Yang Akrab dan Profesional

2017/03/10

Lingkungan kerja sehat dan menyenangkan dimulai dari hubungan antar karyawan dan pimpinan yang akrab dan profesional. Lingkungan kerja positif ini juga berkaitan dengan produktivitas, kualitas hidup dan keberlangsungan waktu bekerja seorang karyawan di sebuah perusahaan.

Siap untuk menciptakan lingkungan kerja sehat dan positif di perusahaan Anda? Berikut 6 tips yang layak Anda coba untuk hubungan pimpinan dan karyawan yang baik :

Tips Hubungan Profesional #1 : Menjaga etika dan sopan santun

Berhadapan dengan orang yang sama setiap hari bukan alasan untuk mengabaikan etika dan sopan santun. Hal- hal kecil seperti bertegur sapa dengan ramah, melempar senyum, meminta bantuan dengan ucapan “ tolong” atau mengucapkan terimakasih adalah hal- hal kecil yang bisa membantu terciptanya hubungan kerja profesional yang akrab dan hangat.

Tips Hubungan Profesional #2 : Berkomunikasi secara efektif.

Seorang pimpinan yang baik harus tahu cara berkomunikasi secara efektif dengan karyawannya, baik melalui tulisan maupun lisan. Pastikan Anda menggunakan bahasa yang sopan, lugas, dan tepat supaya pekerjaan berjalan lancar dan hubungan profesional tetap terjaga dengan baik.

Tips Hubungan Profesional #3 : Hargai waktu pribadi karyawan Anda

Menghargai waktu pribadi karyawan Anda adalah salah satu cara menghargai privasi dan kebutuhan individu bawahan Anda. Kecuali untuk hal- hal mendesak, usahakan untuk tidak membuat karyawan Anda bekerja di luar waktu kerja yang telah ditentukan.

Tips Hubungan Profesional #4 : Berhati- hati dengan penggunaan sosial media.

Tidak jarang seorang pemimpin terhubung dengan karyawan- karyawannya di platform sosial media. Untuk menjaga keabrakan yang profesional sekaligus wibawa Anda sebagai atasan, praktekkan tata krama interaksi online yang baik dengan bawahan Anda seperti tidak meninggalkan komentar yang negatif atau lelucon yang berlebihan.

Tips Hubungan Profesional #5 : Punya inisiatif bersosialiasi

Pimpinan yang baik akan membuat seluruh karyawannya merasa dibutuhkan, termasuk mereka yang baru memulai bekerja di perusahaan. Sapa dan bimbing pegawai baru supaya dirinya tidak merasa canggung dan cepat beradaptasi di bawah arahan Anda.

Tips Hubungan Profesional #6 : Berorientasi pada solusi, bukan kesalahan.

Terjadinya kesalahan atau kegagalan dalam dunia pekerjaan adalah hal yang lumrah. Seorang pemimpin yang baik akan berorientasi pada pemecahan masalah dan bukan mencari kesalahan dari pegawainya. Walaupun demikian, Anda juga harus tahu cara penanganan yang tepat terhadap karyawan yang gagal atau melakukan kesalahan, misalnya dengan memberikan nasehat, arahan, atau cara lain yang Anda nilai layak demi kemajuan bawahan Anda.

Kesimpulannya, strategi dalam menciptakan lingkungan kerja positif ini dimulai dari niat yang baik pula demi peningkatan usaha yang signifikan. Untuk tips- tips dan informasi seputar dunia kerja yang menarik, kunjungi https://www.wantedly.com/about/list dan https://www.wantedly.com/about/overview setiap saat! 

NEXT