Wantedly Journal | 仕事でココロオドルってなんだろう?

Recruiters

Performa Staff Biasa Saja? Ini 4 Cara Meningkatkan Employee Engagement

2017/03/27

Berdasarkan riset tingkat engagement karyawan di tempat bekerja yang dilakukan oleh Gallup pada 190 negara termasuk di Indonesia, hanya sekitar 13% dari karyawan yang benar- benar berdedikasi terhadap pekerjaan mereka.

Pernahkah terpikir oleh Anda sebagai seorang pemimpin perusahaan? Bagaimana jadinya jika Anda bisa menemukan seorang karyawan yang memiliki engagement tinggi dan kinerja yang luar biasa. Bukan tidak mungkin, operasional sehari- hari hingga profit perusahaan secara global bisa meningkat dengan signifikan.

Oleh karena itu, seorang pemimpin yang sigap perlu memikirkan cara- cara untuk meningkatkan employee engagement perusahaannya. Lalu apa saja cara- cara yang bisa meningkatkan employee engagement? Ikuti 4 tips mudah berikut ini :

1. Merekrut Karyawan Yang “Sejiwa”

Sekitar 69% karyawan meninggalkan perusahaan tempat bekerja bukan karena alasan keuangan. Ini artinya, motivasi non-finansial adalah pendorong kinerja seseorang untuk bekerja dengan maksimal. Dengan merekrut karyawan yang “sejiwa” dengan visi dan misi perusahaan, Anda sebenarnya telah mendapatkan jaminan minimal 50% kesuksesan dalam aspek employee engagement.

2. Lakukan Cara Pendekatan Unik Sesuai Kultur Perusahaan

Google adalah salah satu perusahaan dunia dengan kultur transparansi yang sangat kental. Untuk meningkatkan employee engagement, Google memperbolehkan karyawan untuk melakukan hal- hal di luar pekerjaan mereka selama 20% dari total waktu kerja. Hasilnya? Kreativitas dan performa malah meningkat.

Ini artinya, Anda juga boleh mencari cara- cara unik sesuai dengan kultur perusahaan misalnya dengan mengadakan office party, ritual atau olahraga tim bersama, dan hal- hal yang berbeda lainnya.

3. Mengasah Skills Baru Melalui Pelatihan

Pelatihan karyawan adalah cara yang baik untuk memotivasi karyawan dengan hasil yang dapat juga dirasakan kepada perusahaan. Melalui pelatihan ini, karyawan akan dihadapkan pada tantangan dan fokus baru yang harus diperhatikan untuk memajukan perusahaan.

4. Tunjukkan Kepedulian Anda

Atasan yang baik memiliki peranan yang sangat penting untuk meningkatkan employee engagement dan ini berlaku untuk hal- hal kecil. Tunjukkan rasa perduli dalam batasan yang akrab dan profesional ( link to our article). Dengan demikian, rasa kepemilikan karyawan Anda bisa semakin meningkat.

Ingin tips- tips lain seputar dunia kerja yang menarik dan informatif?

Mulailah dengan gratis disini - Wantedly Admin Gateway for recruiters-

NEXT