Wantedly Journal | 仕事でココロオドルってなんだろう?

Recruiters

Coba Hitung Tingkat Kepuasan Anda terhadap Situasi Kerja Sekarang

2017/04/26

Pada akhir tahun 2015, sebuah platform komunitas pekerja online, Jobnet, melakukan sebuah survei menarik yang melihat seberapa besar tingkat kepuasan rata-rata seorang pekerja terhadap situasi kantor dan pekerjaannya saat ini.

Faktanya cukup mengejutkan sebab hanya 50% koresponden yang menyatakan puas dengan situasi kerja mereka saat ini. Yang lainnya justru masih terus berusaha mencari pekerjaan lain karena merasa keadaannya kurang memuaskan.

Melakukan survei terhadap 46.650 orang, komunitas ini mendapati fakta juga bahwa yang paling sering merasa tidak puas dengan pekerjaannya adalah pria. Sementara itu, wanita lebih mudah untuk mensyukuri situasi kerjanya. Para fresh graduates dan pekerja senior pun dianggap sebagai pihak yang kerap lebih mudah puas dengan situasi kerja mereka.

Sebaliknya, pekerja menengah dengan rentang usia 26—35 tahun sering merasa pekerjaan yang mereka geluti sekarang bukanlah jalan terbaik dan diperlukan pencarian ekstra untuk menemukan pekerjaan yang jauh lebih memuaskan mereka dari segi gaji maupun passion.

Kalau Anda sendiri, sudah cukup puaskah dengan pekerjaan yang tengah Anda jalani saat ini? Coba cek beberapa indikator kepuasan di bawah ini sebelum Anda mengangguk maupun menggeleng.

1. Memiliki KPI yang Jelas atau Tidak

Setiap perusahaan jelas harus memiliki indikator yang pasti untuk bisa menilai para pegawainya, termasuk Anda.

Perusahaan yang tidak memiliki key performance indicator (KPI) yang jelas hanya akan membuat karyawannya terluntang-lantung sebab ada kemungkinan promosi maupun kenaikan pangkat hanya akan terjadi dari efek kedekatan personal. Jadi, jika kantor Anda tidak memiliki KPI yang jelas, berarti Anda juga harus mempertanyakan tingkat kepuasan terhadap masa depan karier Anda.

2. Manajemennya Baik atau Buruk

Di dalam suatu perusahaan, Anda tidak bekerja sendiri. Akan ada interaksi yang intens dengan sesama pegawai, termasuk dengan manajemen. Menurut sebuah survei, banyak kasus terjadi saat karyawan terbaik memutuskan keluar dari perusahaan karena manajemen perusahan yang buruk. Manajemen yang buruk membuat perusahaan sulit berkembang, meskipun performa perusahaan sudah baik. Karena itu, coba lihat lagi kinerja manajemen di kantor Anda? Baik atau buruk?

3. Dibayar Sesuai atau Tidak

Bisa jadi Anda telanjur cinta dengan pekerjaan Anda saat ini. Namun, Anda masih merasa ragu apakah diri Anda sudah puas dengan situasi saat ini atau tidak. Sekarang coba lihat bagaimana pekerjaan Anda sehari-hari dari segi risiko dan tingkat kesulitannya.

pekerjaan tersebut, Anda layak diberi gaji yang sesuai. Bila risikonya bertambah namun gaji Anda tetap dengan nominal yang sama, sudah saatnya Anda mempertanyakan tingkat kepuasan Anda dnegan bekerjaan tersebut.

4. Malas Berangkat Adalah Awal Ketidakpuasan

Salah satu cara paling mudah menentukan tingkat kepuasan Anda dengan situasi kerja saat ini bisa dilihat dari seberapa bersemangatnya Anda menjalani hari. Apabila Anda selalu merasa bersemangat untuk pergi ke kantor tanpa paksaan, berarti Anda cukup puas dengan situasi Anda. Sebaliknya, rasa malas ke kantor tanpa alasan yang jelas adalah pertanda sebenarnya Anda merasa tidak cukup nyaman di tempat dan situasi tersebut.

Jika Anda sudah merasa cukup puas dengan pekerjaan Anda, teruslah berkembang dan tunjukkan jati diri Anda untuk menjadi yang terbaik. Namun, jika Anda jauh dari kata puas dengan situasi yang tengah Anda jalani saat ini, mungkin sudah saatnya mulai berpikir menulis surat pengunduran diri dan memilih kantor lain.

Sedang mencari pekerjaan yang pasti akan memberikan kepuasan baik dari segi finansial maupun motivasi diri? Saatnya klik ke https://www.wantedly.com/about/list dan https://www.wantedly.com/about/overview 

NEXT