Wantedly Journal | 仕事でココロオドルってなんだろう?

Recruiters

6 Cara Menemukan Bakat Hebat Dalam Perekrutan

Menarik seorang bertalenta untuk masuk dalam organisasi Anda merupakan tantangan yang harus dihadapi dengan cara-cara yang inovatif.

2016/02/26

Membangun tim yang hebat merupakan salah satu daftar prioritas utama dari hampir seluruh perusahaan yang ada di dunia ini. Tetapi, perusahaan perekrut tenaga kerja tidak lagi menempati posisi teratas ketika melakukan perekrutan.

Para profesional bertalenta di masa kini memiliki pilihannya sendiri atas perusahaan yang menjadi fokus perhatiannya. Menarik seorang bertalenta untuk masuk dalam organisasi Anda merupakan tantangan yang harus dihadapi dengan cara-cara yang inovatif.

Kuncinya adalah memberikan nilai lebih terhadap kandidat pekerja potensial jika Ia bekerja dengan Anda. Hal ini membuat perekrutan seperti usaha pemasaran dan pada kenyataannya, menjadi salah satu taktik pemasaran paling efektif dalam teknik perekrutan.

Berikut beberapa tips yang dirangkum oleh Nicole Fallon Taylor, Asisten Editor Business News Daily, dalam artikelnya yang berjudul “6 Ways to Ensure You’re Recruiting the Best Talent“,agar Anda dan tim, sukses merekrut kandidat terbaik yang Anda inginkan.

Manfaatkan kekuatan Media Sosial

Profil di media sosial memiliki sarana standar untuk mencari dan mengevaluasi kandidat. Dibandingkan hanya melihat Curriculum Vitae dari kandidat bersangkutan, akan lebih mudah memeriksa mereka melalui LinkedIn, Twitter dan media sosial lain milik mereka.

Menjalin koneksi dengan kandidat potensial di sosial media dapat memberikan keuntungan bagi Anda, siapa tahu mereka tertarik akan posisi yang sedang Anda tawarkan saat ini.

Meskipun kandidat tersebut sedang memiliki pekerjaan sendiri saat itu, kita semua tidak tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan datang.

Jangan lupa selalu aktif secara sosial tentang posisi Anda sebagai karyawan. Unggah video dan kalimat2 tentang hal-hal yang bersifat benefit jika bekerja di perusahaan Anda.

Jaringan media sosial Anda juga memberikan ruang yang besar untuk menunjukkan misi perusahaan, yang dapat membantu menjaring kandidat yang sepemikiran dengan Anda. Misi Perusahaan berhubungan erat dengan nilai personal yang dimiliki kandidat.

Perkenalkan Paket Kompensasi Perusahaan Anda (Di Luar Gaji)

Uang memang sangat penting, tetapi bagi seorang top talent, hal itu bukan semata-mata yang dicari. Mereka menginginkan lingkungan kerja yang menantang mereka, memberikan kesempatan untuk berinovasi, membuat kerja terasa menyenangkan, sekaligus menyediakan keseimbangan dalam dunia kerja mereka. Diantaranya, kemungkinan untuk bekerja dari rumah, waktu untuk ikut serta sebagai sukarelawan dalam komunitas mereka atau mengambil cuti untuk hobi mereka dan sebagainya.

Optimalkan Aplikasi Mobile

Salah satu cara terbaik untuk menarik kandidat adalah proses perekrutan yang bersifat mobile-friendly. Pakar Human Resource Silicon Valley, Dr. John Sullivan mengatakan bahwa 43 persen pencari kerja menggunakan telepon genggam mereka dalam mencari kerja.

Perluas Area Pencarian Anda

Beberapa dekade yang lalu, memiliki karyawan full time dengan pemahaman teknologi di sebuah kantor seakan seperti mimpi yang sulit untuk dicapai. Saat ini dengan kemajuan di bidang komputer dan video conference, telah membuka pintu untuk melakukan perekrutan anggota tim di tempat yang jauh. Perekrutan tidak lagi terbatas pada kandidat yang dekat secara geografis dengan perusahaan.

Tingkatkan Kecepatan Perekrutan Anda

Hal ini kembali pada tuntutan akan kebutuhan tenaga kerja yang sifatnya “segera”. Para individu-individu berbakat akan bergerak dengan cepat, yang dikarenakan oleh tingginya permintaan. Oleh karenanya diperlukan kecepatan cara investigasi dalam proses perekrutan Anda ketika menginginkan kandidat dengan kualitas tinggi.

Anda dapat mempercepat proses perekrutan dengan memprioritaskan posisi kunci, analisis persepsi kandidat sebelumnya tentang apa yang berhasil dan tidak berhasil, serta identifikasi penundaan-penundaan yang tidak perlu yang kerap kali muncul dalam pemenuhan kebutuhan lowongan kerja.

Minta karyawan Anda saat ini untuk memasarkan perusahaan Anda

Terkadang cara terbaik untuk menarik seorang kandidat ke perusahaan Anda dalah menunjukkan kepada mereka orang-orang yang nantinya akan bekerja bersamanya. Anda juga dapat memanfaatkan karyawan Anda sebagai alat perekrutan dengan membagi testimoni positif kepada kandidat.

Di Wantedly, kami memaksimalkan seluruh cara yang disebutkan di atas. Kami percaya setiap orang memiliki bakat dan talenta tersendiri yang ingin disalurkan dalam pekerjaan yang mereka impikan. Daftarkan perusahaan Anda sekarang, dan mulai temukan orang-orang berbakat untuk tim Anda. Klik di sini untuk memulai proses perekrutan bersama Wantedly.

NEXT

Page top icon